Kamis, 15 Juli 2010

8 Transformasi Pikiran

( + untuk Pagi hari )

Dengan pikiran untuk mencapai penerangan,
Demi kebahagiaan semua makhluk,
Yang lebih mulia daripada permata pengabul harapan
Saya akan selalu memegangnya dengan penuh belas kasih

Apabila saya bersama orang lain saya akan menempatkan diri saya
Sebagai yang terendah,
Dan dari hati saya yang terdalam
Saya akan memandang orang lain sebagai orang yang sangat mulia

Dalam semua perbuatan, saya akan mengawasi pikiran saya
Dan pada saat keadaan yang mengganggu muncul,
Yang membahayakan diri saya dan orang lain
Saya akan berusaha melawan dan menghilangkannya.

Apabila saya bertemu dengan orang yang berkelakuan buruk,
Yang diliputi oleh keburukan dan penderitaan yang hebat,
Saya akan memperlakukan orang seperti itu dengan cinta kasih.
Seperti jika saya menemukan suatu harta yang tak ternilai

Jika orang lain dengan penuh kedengkian
Memperlakukan saya dengan buruk melalui kekerasan, fitnah dan sebagainya,
Saya akan mengalah dan memberikan kemenangan kepada mereka

Ketika saya telah berbuat baik pada seseorang
Dan saya telah menaruh harapan kepercayaan besar kepadanya
Kemudian ia menyakiti saya
Saya akan memandangnya sebagai guru utama saya

Singkatnya saya akan memberikan secara langsung atau tidak langsung
Setiap keuntungan dan kebahagiaan kepada semua makhluk, ibu saya
Saya akan menanggung secara diam-diam
Semua penderitaan dan perbuatan mereka yang menyakitkan

Tanpa latihan ini dikotori oleh delapan noda keduniawian,
Dan dengan memandang semua fenomena sebagai ilusi,
Saya akan berlatih tanpa kemelekatan untuk membebaskan semua makhluk,
dari perbudakan pikiran yang belum ditundukkan karma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar