Sabtu, 10 Januari 2009

Meditasi Pernapasan

Bagi seorang pemula, meditasi pernapasan / Anapanasati adalah meditasi yang mudah untuk dilakukan. Caranya dengan memperhatikan napas masuk dan keluar. Berikut ini panduan bagi kakak pembina saat anak-anak melakukan meditasi.

Marilah kita duduk bersila dengan santai dan punggung tegak. Kita akan mulai melakukan meditasi pernapasan. Matanya pelan-pelan ditutup. Sadarilah napas yang keluar dan masuk.
Napas masuk adalah kebahagiaan
Napas keluar adalah kebahagiaan
Kusadari, napasku masuk
Kusadari, napasku keluar

Napas masuk mengiringi hidupku
Napas keluar mengiringi hidupku
Aku sadar sedang menghirup napas
Aku sadar sedang menghembus napas

Saat duduk, menghirup napas
Saat duduk, menghembus napas
Setiap saat aku menghirup napas
Setiap saat aku menghembus napas

Aku bahagia
Aku bahagia
Aku bahagia
Aku bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar