Sabtu, 10 Januari 2009

Meditasi Cinta Kasih

Salah satu jenis meditasi yaitu meditasi cinta kasih / Metta Bhavana. Berikut adalah panduan yang dapat dibacakan oleh kakak pembina saat anak-anak melakukan meditasi.

Duduklah bersila dengan nyaman, tetapi tetap tegak. Hari ini kita akan mengadakan meditasi cinta kasih. Adik-adik, perlahan menutup matanya. Pusatkan pikiran adik-adik pada renungan yang dibacakan kakak pembina dan bayangkan adik-adik berada di taman tersebut.

Adik-adik, kita berada di suatu taman yang indah sekali
Ada burung-burung kecil yang saling berkicau
Begitu juga dengan sepasang rusa yang saling mengasihi
Betapa hangatnya kasih sekumpulan kelinci di taman bunga itu

Ternyata bukan mereka saja yang saling mengasihi
Seluruh taman diliputi oleh cinta kasih
Baik dari hewan yang kecil seperti serangga
Maupun hewan yang besar seperti gajah

Begitu hangat dan indahnya cinta kasih
Semoga aku bahagia
Terbebas dari keserakahan, kebencian, dendam, iri hati, amarah, dengki
Semoga aku bermurah hati dan dapat menolong orang lain
Semoga aku selalu ramah tamah, hatiku penuh kasih sayang
Semoga aku dapat memandang semua orang sebagai keluarga sendiri
Semoga aku tenang, penuh damai, bahagia

Semoga aku sehat dan bahagia
Semoga orang tuaku sehat dan bahagia
Semoga guru-guruku sehat dan bahagia
Semoga keluargaku sehat dan bahagia
Semoga teman-temanku sehat dan bahagia
Semoga semua makhluk sehat dan bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar