Kamis, 02 September 2010

Buddha

Buddha adalah Yang Sadar. Seseorang yang telah mencapai Penerangan Sempurna (Bodhi). Seorang Buddha mempunyai sifat cinta kasih dan kasih sayang yang universal, maha suci dan maha bijaksana. Seorang Buddha telah sempurna dalam hal pengetahuan dan tingkah laku. Buddha adalah pembimbing umat manusia yang tiada taranya, guru para dewa dan manusia, yang patut dimuliakan.
Setiap makhluk pasti memiliki benih keBuddhaan yang disebut Bodhicitta, sehingga setiap makhluk memiliki potensi untuk menjadi Buddha. Dengan mengetahui cara berpikir seperti inilah maka, seorang Buddhis harus menghargai setiap makhluk sekecil apapun.
Di dunia ini banyak sekali yang telah menjadi Buddha. Ada Buddha yang muncul sebelum Buddha Gotama dan ada Buddha yang akan muncul setelah Buddha Gotama.

Ada tiga Macam Buddha yaitu :
• Samma Sambuddha adalah seseorang yang mencapai tingkat Kebuddhaan dengan usaha sendiri, tanpa bantuan makhluk lain dan mampu memberi pengajaran kepada dewa dan manusia. Dan para makhluk yang diberi pengajaran juga dapat mencapai kesucian batin. Buddha Gotama adalah seorang Samma Sambuddha.
• Pacceka Buddha adalah seseorang yang mencapai tingkat Kebuddhaan dengan usaha sendiri, tanpa bantuan makhluk lain, tetapi tidak mampu mengajar para dewa dan manusia hingga mencapai kesucian batin. Pacceka Buddha hanya dapat mengajarkan sila dan perbuatan baik lainnya.
• Savaka Buddha adalah seseorang yang mencapai penerangan Sempurna setelah belajar/melaksanakan ajaran Samma Sambuddha.

Cara memberi penghormatan kepada Buddha yaitu :
• Bernamaskara di depan rupang / patung Buddha
• Tidak mencemooh penampilan rupang-rupang Buddha, contohnya membandingkan rupang Buddha yang ini jelek, yang itu bagus
• Tidak meletakkan Rupang Buddha/Bodhisattva di sembarang tempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar